Wednesday, September 5, 2007

Layang-layang Terbang Tinggi

Suka main layang-layang, ga? Permainan layang-layang, juga dikenal dengan nama wau merupakan satu aktivititas menerbangkan layang-layang tersebut di udara. Asik juga kalo kita bisa menghabiskan waktu luang dengan bermain layang-layang. Layang-layang itu bisa di mainkan oleh siapa saja dan di mana saja yang penting tempatnya tidak terhalang pohon-pohon (agar tidak tersangkut).

Apalagi sekarang musim kemarau, Pada musim kemarau, biasanya anak-anak selalu bermain layang-layang karena anginnya besar. Pada musim ini entah kenapa, banyak pedagang layangan bermunculan. Kita bisa bermain layangan di lapangan atau kalau tidak ada lapangan, di pinggir sawah, pinggir pantai juga bisa di andalkan. Dan pastinya akan semakin menambah kita menjadi gembira, selain kesenangan yang kita dapat juga udara segar membuat kita semakin sehat. Pemandangannya jadi indah, karena banyak layang-layang terbang dengan beragam warna dan beragam bentuk.

Biasanya layangan di buat dari kertas minyak dan bambu, kemudian mereka bentuk pola sesuai dengan beragam ide, lain lagi dengan di Bali, karena disana layangan di buat dari bahan kain.

Bermain layang-layang juga akan lebih seru jika di adakan kontes adu tinggi dan adu layangan. Nah, untuk adu layangan biasanya digunakan benang yang kuat yaitu Benang Gelasan. Benang Gelasan itu sendiri adalah benang yang digunakan untuk adu layangan, dibuat dari benang biasa yang diberi lem dan gelas bubuk. Dalam adu layangan, benang gelasan ini dapat memotong benang lain, dan pemilik layangan yang memotong benang layangan lain dianggap sebagai pemenang. Benang gelasan bila disentuh langsung dapat mengakibatkan luka, dan karena itu bagian bawahnya biasanya diberi gelas agar dapat dipegang oleh tangan. Selain itu bahaya lainnya adalah bila benang gelasan tersangkut pada kabel listrik. Hal ini dapat mengakibatkan putusnya kabel listrik dan pemegangnya terkena sengatan listrik. So, hati-hatilah, cari yang aman aja ya mainnya …

1 comment:

Anonymous said...

kemarin ada festifal layang2 di kota2 besar Jawa sempat liat?
keren2 loh...